Header Ads

Puluhan Dosen UNIKS Tingkatkan Kualitas


Rektor Uniks Hj Elfi Indrawanis (tengah di depan) mendukung puluhan dosen Uniks mengikuti pelatihan dan bimbingan yang dilangsungkan di Hotel Angela Telukkuantan, Senin (5/3/2018).(juprison/riau pos)
TELUKKUANTAN (RIAUPOS.CO) - Menghadapi era milenial, Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) terus berbenah. Sinergi antara universitas, fakultas dan dosen dinilai akan mendorong penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Baik itu melalui pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian sewajarnyalah profesionalitas disyaratkan.

Rektor Uniks Ir Hj Elfi Indrawanis MM langsung memberikan dukungan untuk peningkatan keterampilan dasar instruksional (Pekerti).  Begitu pula applied approach (AA) kepada dosen  terus digiatkan. Caranya adalah dengan melaksanakan pelatihan, selama 6 hari di Wisma Agela Telukkuantan yang dimulai, Senin (5/3).

Sedikitnya, pelatihan tersebut diikuti sekitar 70 dosen yang terdiri dari dosen baru dan dosen lama yang belum mengikuti workshop pekerti-AA dosen pada tahun-tahun sebelumnya. Dengan demikian, kemampuan dan keterampilan para tenaga pengajar di kampus kebanggaan masyarakat Kuansing ini bisa terwujud.

Di hadapan mereka, Rektor Uniks Elfi Indrawanis mengatakan, tuntutan kompetensi dosen masa yang akan datang semakin berat dan sulit. Hal ini menurutnya  bisa terjadi karena trend bisnis dan industri yang dihasilkan dari pasar global dan teknologi mulai merambah ke dunia pendidikan, komunitas akademik, khususnya dosen yang harus dapat mengantisipasi relevansi program pendidikan yang ditawarkan supaya dapat menghasilkan sarjana yang mempunyai kompetensi plus.

“Apalagi saat ini perkembangan teknologi dan perkembangan metode pembelajaran sudah sangat canggih. Apabila para dosen tidak mengikutinya, maka dosen akan ketinggalan dan mahasiswa tidak lagi memperhatikan dan memberi apresiasi kepada dosen, karena dosen presentasinya dari tahun ke tahun itu-itu saja,” jelasnya.  Oleh karena itu, rektor melihat, dengan perkembangan IT yang sangat pesat, diharapkannya dosen harus mengikuti perkembangan itu. “Bahkan menggunakan sarana IT itu untuk membuat mahasiswa tertarik dalam mengikuti perkuliahan,” sebut Elfi.

Pelatihan dosen Uniks ini menghadirkan Prof Dr Ir Asdi Agustar MSc (putra Kuansing), Dr Ir Nopialdi MSi dan Dr Ike Revita MHum sebagai narasumber. Pelatihan ini ditujukan untuk dosen se-lingkungan Uniks, baik dosen senior maupun dosen muda.(c/jps)


Sumber: http://www.riaupos.co/174802-berita-puluhan-dosen-uniks-tingkatkan-kualitas.html#.WqOPgnxATIU

Tidak ada komentar